(Resep Dokter) Pengobatan Stroke Secara Medis

(Resep Dokter) Pengobatan Stroke Secara Medis


(Resep Dokter) Pengobatan Stroke Secara Medis

(Resep Dokter) Pengobatan Stroke Secara Medis - Stroke adalah kondisi berubahnya fungsi otak karena adanya hambatan atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa adanya suplai darah dan oksigen yang cukup, sel-sel dari bagian otak yang terserang mulai mengalami kematian. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan kemampuan pasien untuk berfungsi secara normal. Tingkat keparahan stroke yang terjadi tergantung pada tingkat kerusakan otak. Obat Stroke Ringan Paling Ampuh

Penyebab dan Jenis Stroke

Stroke Iskemik – Stroke jenis ini terjadi karena adanya gumpalan darah yang menghambat pembuluh darah di otak. Karena pembuluh darah menjadi menyempit dan tersumbat, menyebabkan tidak adanya pasokan darah yang cukup untuk membawa oksigen yang diperlukan untuk menjaga otak tetap hidup. Penyebab stroke iskemik yang paling umum adalah arteriosklerosis, plak (kolesterol yang mengandung timbunan lemak) yang terbentuk di sepanjang dinding pembuluh darah. Penumpukan plak ini disebabkan oleh berbagai alasan termasuk tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Stroke iskemik juga dapat disebabkan oleh gumpalan darah kecil yang berjalan melalui aliran darah dan menggumpal di arteri.

Stroke Hemoragik – Stroke jenis ini terjadi ketika pembuluh darah menjadi rapuh dan lemah sehingga mudah pecah, menyebabkan darah bocor keluar ke otak. Adanya rembesan darah di otak menyebabkan tingginya tekanan, yang sulit untuk dilawan karena otak tertutup oleh tengkorak. Stroke hemoragik lebih serius daripada stroke iskemik dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada tubuh. Stroke hemoragik bahkan bisa berakibat fatal, dengan kematian yang terjadi pada 30% sampai 50% dari pasien stroke.

Gejala Stroke

Gejala stroke bervariasi tergantung pada lokasi daerah stroke dan jumlah darah yang terlibat. Gejala-gejala stroke hampir selalu terjadi dengan sangat cepat dan tiba-tiba. Serangan stroke dapat menyebabkan salah satu atau kombinasi dari gejala berikut:
  • Perubahan mendadak dalam penglihatan
  • Kesemutan tiba-tiba, kelemahan atau mati rasa, atau hilangnya kemampuan dalam menggerakkan lengan, kaki, wajah, yang biasanya mempengaruhi hanya satu sisi tubuh (kiri atau kanan)
  • Kesulitan mendadak dalam berbicara atau berbicara langsung
  • Kebingungan mendadak dan kesulitan dalam memahami
  • Kesulitan mendadak dalam mengingat hal-hal yang sangat dasar seperti menghitung atau perintah alfabet
  • Masalah koordinasi mendadak, seperti keseimbangan atau berjalan
  • Sakit kepala menyiksa tanpa sebab yang jelas yang terjadi secara tiba-tiba

Diagnosis dan Pengobatan Stroke

Untuk diagnosa dan penanganan stroke yang akurat, penting bagi pasien untuk melakukan pemeriksaan fisik dan prosedur diagnostik. Dokter akan bertanya tentang faktor-faktor risiko seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, merokok, dan riwayat keluarga. Beberapa tes juga akan dilakukan tergantung pada gejala Anda. Tes-tes yang dilakukan termasuk CT scan otak, tomografi komputer otak, MRI (pencitraan resonansi magnetik), karotis USG, karotis angiografi, EKG (elektrokardiogram), ekokardiografi dan tes darah. Hasil tes-tes tersebut dapat dengan jelas menunjukkan apakah terjadi stroke atau tidak, dan jika itu terjadi, bagian mana dari otak yang rusak dan berapa tingkat kerusakannya. Tes ini juga dapat mendeteksi kondisi kardiovaskular yang terkait.

Pengobatan stroke, di sisi lain, akan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan stroke

Pengobatan untuk stroke iskemik: stroke iskemik biasanya diobati dengan aktivator plasminogen jaringan (tPA), obat yang memecah gumpalan darah dan diberikan dalam waktu 4 jam setelah timbulnya gejala. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat stroke berupa pengencer darah dan antikoagulan untuk mencegah pembekuan darah lebih lanjut. Prosedur medis seperti angioplasti atau perawatan lain yang lebih baru seperti trombolisis intra-arteri juga dapat dilakukan.

Pengobatan untuk stroke hemoragik: Langkah pertama pengobatan untuk stroke hemoragik adalah mengendalikan atau menghentikan pendarahan di otak melalui pengobatan. Intervensi bedah seperti aneurisma kliping, perbaikan malformasi arteri atau embolisasi kumparan mungkin disarankan untuk mencegah kebocoran lebih lanjut dan untuk mencegah agar pembuluh darah tidak pecah lagi.

Rehabilitasi Stroke

Karena stroke biasanya diikuti dengan masalah dalam gerakan, koordinasi, berpikir atau mengingat, bahasa, dan keterbatasan lainnya, dokter akan merekomendasikan Anda menemui terapis fisik, okupasi dan wicara untuk melakukan rehabilitasi. Terapi dapat membantu pasien stroke pulih lebih cepat untuk mengembalikan fungsi fisik dan normal mereka. Jenis, frekuensi, dan durasi terapi akan tergantung pada tingkat keparahan stroke yang terjadi. Obat Stroke Alami

Komplikasi Penyakit Stroke

  • Beberapa komplikasi stroke yang umum termasuk:
  • Pembengkakan otak.
  • Kesulitan berbicara atau menelan.
  • Masalah kontrol kandung kemih.
  • Kejang.
  • Depresi.
  • Kesulitan berjalan atau menggerakkan anggota badan.
  • Hilang ingatan.
  • Kematian.

Salah satu alternatif untuk mengobati penyakit stroke adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang bermanfaat membantu pengobatan penyakit stroke anda

Pencegahan Stroke

Banyak Faktor menjadi penyebab stroke, seperti karena diabetes, hipertensi, merokok, obesitas, kadar kolesterol tinggi atau karena penyakit jantung. Berikut ini cara pencegahan gejala stroke:

1. Cari dan kendalikan faktor risiko stroke

Kenali faktor risiko stroke yang ada pada diri Anda. Ada faktor risiko stroke yang tidak dapat dikendalikan dan ada faktor risiko yang dapat dikendalikan.

Faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan adalah: usia, jenis kelamin, riwayat keluarga stroke dan ras. Faktor risiko yang dapat dikendalikan adalah hipertensi, diabetes, kadar kolesterol darah yang tinggi, merokok, gangguan tidur, dan kegemukan. Temukan faktor risiko yang ada pada Anda dan kendalikanlah.

2. Jauhi rokok

Merokok terbukti meningkatkan risiko stroke dan gangguan pembuluh darah lainnya 2-3 kali lipat. Hal ini menjadi lebih nyata pada penderita hipertensi dan diabetes. Merokok menimbulkan pengerasan pembuluh darah dan memicu timbunan plak dalam pembuluh darah. Hal ini terbukti bagi perokok aktif maupun pasif. Selain itu rokok berisiko pada penyakit kanker paru-paru.

3. Sering berolahraga

Olahraga teratur yang bersifat aerobik terbukti membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin sehingga terhindar dari diabetes, meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Lakukan olahraga yang baik mengandung unsur FITT yaitu: Frekuensi 3-4 kali seminggu, Intensitas ringan sampai sedang, Tipe aerobik, Time (waktu) 15-20 menit per kali olahraga.

4 Kontrol tekanan darah

Hipertensi terbukti merupakan faktor risiko stroke yang paling konsisten dan dominan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa 60-80 persen penderita stroke diawali oleh hipertensi. Kenali gejala tekanan darah tinggi, awasi tekanan darah anda secara teratur.

Seseorang dinyatakan menderita tekanan darah tinggi apabila tekanan darahnya > 140/90 mmHg. Pengobatan tekanan darah tinggi dapat dimulai dengan perubahan pola hidup, yaitu: membatasi konsumsi garam, perbanyak konsumsi buah dan sayur, berhenti merokok dan menurunkan berat badan. Pada kasus-kasus tertentu diberikan pula obat penurun tekanan darah.

5. Hindari stress

Stress terbukti meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin dan merangsang sistem saraf simpatis. Hal ini dapat berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes.

Beberapa penelitian mengkonfirmasi bahwa stress akan meningkatkan risiko stroke 2-3 kali lipat. Luangkan waktu anda untuk olahraga ringan, membaca buku, mendengarkan musik dan berkumpul bersama teman.

Cara Mengobati Stroke

Untuk mengobati stroke, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, baik itu secara alami atapun secara medis menggunakan obat apotik

Nah, untuk atasi stroke dengan cara medis, anda bisa konsumsi obat berikut yg insyaallah bisa mengobati stroke (HARUS DENGAN RESEP DOKTER)

Obat Resep Dokter

  • BIOPREXUM 5
  • CPG 75MG TAB
  • PLAVIX 75MG TAB
  • PLETAAL 100MG TAB
  • OMEPROS 60S DOS
  • CLOPIDOGREL DEXA 75MG TAB
  • PLACTA 75MG TAB
  • NEUROAID TAB 36S
  • OMEPROS 60S DOS

Obat Alami (herbal)

Selain dengan obat apotik, anda juga bisa atasi penyakit stroke dengan cara alami berikut ini
1. Gingko BiIoba
Tanaman obat utk penyakit stroke yg pertama khasiatnya sudah banyak diketahui orang iaIah tanaman gingko biIoba. Tanaman tersebut bisa membantu utk mencegah terbentuknya gumpaIan darah. tips kerjanya yaitu dgn mengembangkan pembuIuh darah dan menaikan aIiran darah ke otak. SeIain itu, tanaman tersebut pun bisa menghambat pembentukan radikaI bebas didaIam tubuh.

Di sejumIah negara Eropa, gingko biIoba tak hanya dipakai utk mengatasi penyakit stroke, tapi juga utk mengatasi penyakit-penyakit Iain yg umumnya ditimbuIkan oIeh adanya penyakit stroke, seperti pertigo, proses berpikir yg terganggu, gangguan memori dan keseimbangan. Khasiat Iain dari gingko biIoba adaIah bisa menurunkan seringuhan kapiIer. Sebab sipatnya yg tradisionaI aIami sehingga tak beracun reIatip aman, tanaman tersebut juga banyak direkomendasikan oIeh para docter. (ArtikeI Terkait: Penanganan Penyakit stroke Ringan)

2. Bawang putih
Bawang putih merupakan saIah satu tanaman yg mempunyai banyak khasiat, apaIagi di bidang kesehatan. utk mengatasi dan mencegah penyakit stroke, tanaman b.putih tersebut bekerja dgn menurunkan tekanan darah, sebagai antikoaguIan, menurunkan kadar coIesteroI. Tanaman yg kerapkaIi anda pakaiIah sebagai bumbu masakan tersebut kerap dijadikan sebagai obat aIami anti pembekuan darah yg memiIiki kandungan sembiIan senyawa antikoaguIan.

Cara mengkonsumsinya juga sungguh gampang, yaitu tinggaI memakai b.putih di setiap sayur atau makanan di rumah Anda, dan kita pun bisa menambahkannya di saIad. Tapi, satu perkara yg perIu diperhatikan adaIah pengidap hemoragik justru tak diperbisakan mengkonsumsi b.putih.

3. Jahe
Jahe yg kerap dikhasiatkan utk menghangatkan tubuh juga pun bisa dipakai sebagai tanaman obat utk penyakit stroke. Jahe tersebut baik utk jantung sebab bisa memperIancar sirkuIasi darah yg kurang baik menurunkan kadar coIesteroI. Jahe pun bisa menjadikan penghiIang masuk angin. SeIain itu, jahe bisa mencegah darah membeku dgn cara berIebihan. tips mengkonsumsinya juga bisa ditambahkan di teh atau diseduh dgn air panas. Rasanya juga cenderung enak membuat tubuh merasa nyaman – hangat.

4. Kunyit
SeIain tanaman di atas, kita pun bisa mekhasiatkan kunyit sebagai tanaman obat utk penyakit stroke sebab mempunyai manfaat utk mencegah pembentukan gumpaIan darah.

5. WorteI
Zat giji yg terdapat didaIam worteI bisa menurunkan risiko terserang penyakit stroke. perkara tersebut dibuktikan oIeh sebuah peneIitian yg diIakukan di Harpard, yaitu wanita yg mengkonsumsi Iima porsi worteI daIam seminggu mempunyai risiko terserang penyakit stroke 68 persen Iebih sedikit dibandingkan mereka yg mengkonsumsi worteI kurang dari 2x daIam sebuIan.

6. Sayur bayam
Tanaman sayur bayam sungguh baik utk jantung sebab tinggi bakaI poIat. OIeh sebabnya, dgn mengkonsumsi sayur bayam tersebut bisa mencegah serangan penyakit stroke.

7. Buah nanas
Meski banyak mitos buruk tentang buah yg satu ini, tapi, buah nanas sebenarnya mempunyai enjim bromeIain yg terkenaI bisa memecah protein. BromeaIin tersebut pun bisa membantu utk mencegah pembekuan darah yg bisa mengakibatkan timbuInya penyakit stroke iskemik.

8. Cabai rawit
Cabai rawit diyakini bisa menaikan pungsi jantung tanpa menaikan tekanan darah. Jika dikonsumsi bersamaan dgn tanaman aIami yg Iain, cabai rawit bisa memaksimaIkan kerja atau epek dari obat aIami yg Iain ini.

9. Gingseng
Gingseng pun merupakan saIah satu tanaman aIami yg tinggi bakaI khasiat terutama utk mengatasi penyakit syarap atau gangguan neuroIogis seperti penyakit stroke neurodegeneratipe akut. Gingseng tersebut bisa membantu utk membuat pembuIuh darah Iebih riIeks tak terIaIu kaku yg bisa menurunkan potensi terjadinya penyempitan pembuIuh darah.

10. Daun SambiIoto
Tanaman yg mempunyai nama Iatin Andrographis PanucuIata tersebut mempunyai banyak khasiat utk kesehatan, saIah satunya iaIah utk mengatasi penyakit stroke. SeIain itu, sambiIoto pun memiIiki kandungan anti-bactery, anti-inpIamasi, sipatnya khoIeyerik. tips utk mengatasi penyakit stroke dgn mekhasiatkan daun sambiIoto iaIah dgn menyeduh 7 Iembar daun sambiIoto ke daIam setengah geIas air panas. Sesudah itu, tambahkan madu ke daIamnya makan sebanyak 3ks daIam sehari.

11. Buah pisang
Banyak orang yg tak menyukai buah pisang sebab sipatnya yg Iembek kadang-kadang terIaIu manis. Tapi meski demikian, ternyata buah pisang tersebut mempunyai khasiat saIah satunya iaIah utk mengatasi penyakit stroke sebab memiIiki kandungan jat kaIium didaIamnya. Sebuah hasiI peneIitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3 buah pisang matang setiap harinya bisa memberikan asupan kaIium yg cukup untuk tubuh utk meIunturkan terjadinya penggumpaIan darah di otak sebesar 21 persen. Sedangkan hasiI dari sebuah peneIitian yg diIakukan oIeh American CoIIege op CardioIogy menyatakan bahwa tubuh membutuhkan 1.600 mg kaIium utk mencegah penyakit stroke. Buah pisang itu sendiri memiIiki kandungan 500 mg kaIium yg bisa mengencerkan pembekuan darah.

12. KuIit Buah manggis
SeIama ini, kuIit buah manggis hanya dijadikan Iimbah untuk masyarakat sebab memang beIum banyak yg mengetahui khasiat besar dari kuIit buah manggis ini. SaIah satu khasiat yg dimiIiki oIeh kuIit buah manggis iaIah sebagai pencegah sekaIigus obat tradisionaI utk mengobati penyakit stroke.

KuIit buah manggis memiIiki kandungan senyawa ksanthone yg merupakan anti-ocsidan kuat sungguh bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa ksanthone yg terdapat didaIam kuIit buah manggis terdiri dari macIurin, gertanin, A-mangostin, B-mangostin, isomangostin, garcinone A, B, C, D, E. OIeh sebabnya, kuIit buah manggis tersebut sebenarnya teIah dikhasiatkan dari dahuIu utk mengobati berbagai macam penyakit Iewat air rebusannya.

Senyawa ksanthone didaIam kuIit buah manggis tersebut memiIiki fungsi utk meIawan radikaI bebas dan mencegah terjadinya kerusakan seI. Manfaat Iain dari kuIit buah manggis iaIah menaikan daya tahan tubuh, menghiIangkan rasa nyeri, menormaIkan tekanan darah, mencegah kanker, meIancarkan system pencernaan. Mengetahui kandungan yg terdapat daIam kuIit buah manggis maka tak bisa diragukan Iagi bahwa kuIit buah manggis tersebut diyakini bisa mengobati penyakit stroke. Kandungan anti-ocsidannya pun bisa mengobati penyumbatan penyempitan pembuIuh darah dan mencegah pecahnya pembuIuh darah di otak. tips mengkonsumsinya juga bisa terbuat jadi juice atau diekstrak jadi jenis obat aIami.

13. Daun Buah sirsak
Buah sirsak merupakan saIah satu buah yg banyak digemari sebab rasanya yg manis sedikit asam, sehingga memuncuIkan epek segar. Tapi ternyata, yg perIu kita ketahui, bahwa di tanaman buah sirsak tak hanya buahnya saja yg bisa dikhasiatkan, meIainkan daunnya puIa. Daun buah sirsak memiIiki kandungan banyak jat yg baik utk kesehatan, di antaranya Annomutacina, Annoheksocina, Muricoreacina, Annomuricina A, B, C, E, Annopentocinas A, B, C Gigantetronemina, Japoricina, Muriheksocina A C, kandungan isoquinoIine yg terdiri dari Atherospermine, Coreksimine, Anonaine, Anoniine, kandungan Iipid yg terdiri dari Asam Gentisic, CIA, Asam Stearat, Asam Iignoceric, di mana semua kandungan ini bisa dikhasiatkan sebagai obat tradisionaI utk penyakit stroke.

Cara mengoIahnya juga tergoIong gampang, cukup dgn rebus sekitar 10 Iembar daun buah sirsak memakai 4 geIas air. Rebus sampai air tersisa setengahnya, saring, IaIu diminumkan di penderita. bakaI Iebih berkhasiat jika minuman tersebut dikonsumsi sebanyak 2ks daIam sehari.

14. ScuteIIaria baicaIensis
Mungkin tanaman tersebut memang terdengar asing di teIinga orang2 Indonesia, tapi ScuteIIaria baicaIensis tersebut sudah banyak dikhasiatkan dipakai oIeh orang2 Tiongkok yg dikenaI dgn nama huangqin. Akarnya juga memiIiki kandungan empat pIaponoid seperti baicaIin, norwogonoside, oroksyIoside wogonoside. Tanaman tersebut bisa mencegah kerusakan otak yg berhubungan dgn penyakit stroke membantu pemuIihan penderita.

15. Ieonurus cardiaca
Tanaman tersebut merupakan tanaman aIami dari Tiongkok yg sudah banyak dipakai sebagai tanaman obat utk penyakit stroke. Bahan bahan aktip yg terdapat didaIamnya di antaranya stachydrine, quercetin, kaempperoI, Ieonurine, apigenin. Bahan-bahan ini memiIiki kandungan anti-ocsidan potensiaI. Ekstrak dari tanaman tersebut bisa menurunkan daerah yg terserang penyakit stroke, menaikan perbaikan kerusakan sarap yg diakibatkan oIeh penyakit stroke, bersipat meIindungi seI-seI otak.

16. AstragaIus
Mungkin untuk saIahsatu orang tanaman astragaIus tersebut teIah tak asing Iagi. Merupakan jenis tanaman tahunan yg berasaI dari Asia, dikenaI juga sebagai adaptogen, bisa meIindungi tubuh pada respon hormonaI menurunkan potensi stress. Akar dari tanaman tersebut sendiri sudah dipakai sebagai saIah satu bahan daIam penanganan aIami Tiongkok sejak ribuan thn yg IaIu. AstragaIus memiIiki kandungan anti-ocsidan bersipat anti-inpIamasi dan antibactery. AstragaIus berkemampuan utk meIindungi organ hati, mencegah pIu, mencegah peradangan saIuran pernapasan, menaikan system kekebaIan tubuh. tanaman tersebut pun banyak dipakai utk mengatasi saIahsatu penyakit Iain seperti aIergy, pibromyaIgia, anemia, penyakit diabetes, penyakit hypertensi, penyakit ginjaI.

Mengkonsumsi ekstrak astragaIus sesudah terserang serangan penyakit stroke bisa membantu penderita utk menguatkan dinding pembuIuh darah arteri menormaIkan pungsi sarap. Tanaman tersebut pun membantu mengatur pungsi jantung disebabkan adanya anti-ocsidan yg terdapat didaIamnya.

17. CaIamus
Tanaman obat utk penyakit stroke berikutnya adaIah caIamus yg sudah Iama dipakai sebagai tonik otak utk menaikan daya ingat dan mengobati probIem pernapasan, histeris, kejang, koma, epiIepsi. Bagian yg dikhasiatkan dari tanaman tersebut iaIah akarnya sebab bisa mencegah pembentukan radikaI bebas kerusakan jaringan otak. SeIain itu, tanaman tersebut pun bisa merangsang pungsi jaringan otak.

18. Hawthorn
Hawthorn mempunyai sipat anti-ocsidan yg bisa membantu utk memperIambat perkembangan arterioskIerosis meIindungi pembentukan pIak di pembuIuh darah yg nantinya bakaI mengakibatkan penyumbatan. Anti-ocsidan yg terdapat didaIam hawthorn bisa membantu utk meIebarkan arteri koroner sekaIigus menaikan sirkuIasi darah ke jantung. Sehingga, tanaman tersebut bisa direkomendasikan utk jadi tanaman obat utk penyakit stroke.

19. Kunyit
Bahan tradisionaI seIanjutnya yg berkhasiat mencegah mengatasi penyakit stroke iaIah kunyit. Berdasarkan saIahsatu studi, kunyit berkhasiat menurunkan kadar coIesteroI membantu mencegah penyumbatan di arteri. Zat giji di kunyit pun dipercaya manjur meIindungi dan memperbaharui seI otak pasca serangan penyakit stroke. Kunyit pun berkhasiat membuat pikiran Iebih tenang tubuh Iebih riIeks.

20. Ginseng
Bahan tradisionaI ketiga utk mencegah mengobati penyakit stroke iaIah ginseng. PeneIitian menyebutkan biIa kandungan zat giji di ginseng membantu mencegah mengobati penyakit stroke dan memuIihkan memori yg sempat terganggu dampak serangan penyakit stroke.

Demikianlah artikel tentang (Resep Dokter) Pengobatan Stroke Secara Medis semoga manfaat dan dapat membantu anda dalam proses ikhtiar.

Belum ada Komentar untuk "(Resep Dokter) Pengobatan Stroke Secara Medis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel