Jenis Buah dan Makanan Pencegah Stroke

Jenis Buah dan Makanan Pencegah Stroke


Jenis Buah dan Makanan Pencegah Stroke

Jenis Buah dan Makanan Pencegah Stroke -Stroke masih menajdi masalah kesehatan serius bagi banyak orang, bahkan menurut lembaga kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), tingkat kematian mendadak akibat stroke sangat tinggi.

Kebiasaan duduk berlama-lama dalam waktu yang konstan serta kebiasaan begadang menjadi pemicu penyakit ini.

Selain kebiasaan tadi kebiasaan makan makanan yang tidak sehat juga nbisa memicu serangan jantung, fast food, junk food dan makanan tinggi lemak, garam adalah makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak terkena masalah jantung.
1. Susu rendah lemak
Produk-produk susu mengandung kalsium, magnesium dan kalium, yang mana semuanya dapat membantu menurunkan tekanan darah, apabila Anda rajin mengonsumsinya setidaknya dua kali sehari.

Akan tetapi, pastikan jika susu yang dikonsumsi adalah susu yang rendah lemak atau bebas lemak karena untuk mengurangi lemak jenuh yang dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

2. Pisang
Penelitian telah menunjukan bahwa jika Anda kurang mendapatkan asupan potasium setidaknya 1,5 gram perhari, maka hal itu dapat meningkatkan risiko stroke hingga 28%.

Di samping itu, studi lain menemukan bahwa orang yang makan sembilan porsi makanan kaya kalium setiap hari memiliki risiko 38% lebih rendah daripada yang hanya makan empat porsi.

Nah, dengan demikian, masukan pisang dalam menu makan harian agar Anda dapat terhindar dari stroke.

3. Bayam
Bayam mengandung magnesium dan vitamin B folat.

Bila Anda menerapkan pola makan kaya asam folat dengan rajin mengonsumsi bayam, maka dapat menurunkan risiko stroke hingga 20%.

Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 20 tahun yang melibatkan hampir 10.000 orang dewasa.

Setidaknya Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir bayam matang yang dikombinasikan dengan lauk makanan lainnya.

4. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung banyak antioksidan untuk membantu mencegah penumpukan plak, serta menurunkan risiko penyakit stroke.

Anda setidaknya bisa mengonsumsi sebanyak 1,8 gram ubi jalar yang telah matang dan tanpa kulit.

Buah-Buahan Pencegah Stroke

Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari juga bisa digunakan sebagai pencegah stroke. Namun yang harus diingat di sini adalah tidak semua buah-buahan bisa digunakan untuk mencegah stroke. Sebaiknya kita tahu buah apa saja yang bisa diguanakan untuk mencegah stroke. Berikut ini adalah buah-buahan yang baik untuk anda konsumsi setiap hari sebagai usaha untuk mencegah stroke :

Tomat. 
Tomat selama ini ada yang menjadikannya buah dan ada juga yang dijadikan sayur untuk lauk makanan. Namun siapa sangka jika kesegaran tomat bisa dijadikan sebagai buah pencegah stroke. Hal itu dikarenakan di dalam tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C, tomat juga mengandung lycopene yang bisa digunakan sebagai pencegah stroke. Seperti dilansir dari jurnal neurology yang mengatakan bahwa ada 25 kasus sakit stroke yang ditemukan dari 258 pria yang memiliki kadar sedikit lycopene di dalam darahnya atau tubuhnya.

Citrus. 
Citrus merupakan sebutan untuk buah bercitarasa asam seperti pada buah jeruk, lemon dan sejenisnya. Rasanya yang asam membuat citrus terasa nikmat dan menyegarkan. Dibalik rasa segar dan nikmatnya citrus ternyata citrus efektif digunakan sebagai pencegah stroke. Citrus mampu menurunkan resiko terkena stroke iskemik sebanyak 19 persen. Stroke iskemik adalah stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Di dalam citrus terdapat zat falvonoid dimana zat itu berfungsi sebagai penurun resiko stroke. Tidak hanya itu saja kadar kalium dan vitamin C yang tinggi mampu memproteksi tubuh kita dari serangan jantung dan juga resiko seseorang terkena stroke.

Mengkudu. 
Siapa yang tidak kenal dengan mengkudu, di dunia kesehatan mengkudu disebut dengan noni. Selama ini khasiat noni untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi sebab banyaknya kandungan atau nutrisi yang ada di dalam noni tersebut. Khasiat noni yang sudah banyak diketahui adalah penurun hipertensi, penurun kadar gula penderita diabetes dan penurun kolesterol. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa hipertensi, dibetes dan juga kolesterol merupakan penyebab dari penyakit stroke. Di dalam buah noni terdapat kandungan xeronin yang bermanfaat dalam perbaikan fungsi tubuh cocok dan cocok dijadikan sebagai terapi pasien stroke, selain itu noni juga kaya akan vitamin dan juga mineral. Oleh sebab tu mengkonsumsi buah ini akan efektif untuk mencegah stroke.

Apel
Apel adalah buah yang khasiatnya sudah diketahui oleh banyak orang. Mengkonsumsi apel sebanyak satu butir buah setiap harinya bisa digunakan sebagai pencegah stroke, apel bisa menurunkan resiko seseorang terkena stroke sebanyak 50 persen. Zat di dalam apel yang bisa digunakan untuk mencegah stroke adalah zat quercetin yang mampu menangani inflamasi. Inflamasi sendiri merupakan penyebab pengerasan pada pembuluh darah manusia. Manfaat apel lainnya adalah melindungi tubuh dari radikal bebas dan pencegah kanker dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Pisang
Pisang merupakan tanaman murah dan mudah untuk dijumpai. Meski murah, pisang menyimpan segudang manfaat diantaranya adalah mencegah penyakit jantung dan bisa menghindarkan diri dari penyakit stroke. Zat kalium pada pisanglah yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari penyakit stroke. Riset yang dilakukan oleh Health Professionals Follow-Up Study mengemukakan bahwa mengkonsumsi buah yang kaya akan kalium sebanyak 9 porsi setiap harinya bisa mengurangi resiko stroke sebanyak 38 persen dibandingkan dengan orang yang diet rendah kalium dengan mengkonsumsi 4 porsi kalium setiap harinya.

Demikian artikel tentang Jenis Buah dan Makanan Pencegah Stroke yang Bagus Dikonsumsi Setiap Hari, semoga manfaat dan kita terhindar dari penyakit tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Buah dan Makanan Pencegah Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel