Daftar Buah dan Sayuran Kaya Vitamin untuk Terapi Penyembuhan Stroke

Daftar Buah dan Sayuran Kaya Vitamin untuk Terapi Penyembuhan Stroke


Daftar Buah dan Sayuran Kaya Vitamin untuk Terapi Penyembuhan Stroke

Daftar Buah dan Sayuran Kaya Vitamin untuk Terapi Penyembuhan Stroke - Stroke dapat menyerang siapa saja tanpa pandang umur. Ada 2 macam faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terkena Stroke, yaitu faktor Risiko yang dapat diubah dan yang tak dapat diubah. Faktor Risiko yang tidak bisa diubah antara lain : Umur, jenis kelamin (wanita lebih rentan), keturunan, dan riwayat keluarga yang pernah terserang stroke / pennyakit jantung koroner. Faktor Risiko yang dapat diubah sebagian besar dipengaruhi oleh gaya hidup, diantaranya : kebiasaan merokok, kurang aktivitas, alkohol, narkoba, obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan dyslipidemia.

Penyebab Stroke secara umum dibagi menjadi 2

Stroke Iskemik

Stroke Iskemik yaitu Darah yang membeku menyumbat pembuluh darah. Jenis ini biasa terjadi pada orang lanjut usia.

Stroke Hemorhagic

Stroke Hemorhagic terjadi ketika pembuluh darah di dalam otak bocor atau pecah sehingga darah mengalir ke dalam otak atau ke permukaan otak. Jenis stroke ini lebih mematikan.

Gejala Stroke antara lain

  • Sakit kepala secara tiba-tiba dan parah
  • Kesulitan melihat di satu atau kedua mata
  • Tiba-tiba pusing dan kesulitan berjalan
  • Kebingungan secara tiba-tiba Kesulitan berbicara
  • Mati rasa tiba-tiba atau kelemahan wajah, lengan atau kaki

Pengobatan stroke tergantung dari penyebab stroke itu sendiri. Stroke diobati menggunakan obat – obatan, seperti obat pencegahan untuk menurunkan tekanan darah, obat penurun kolesterol, obat untuk menghilangkan pembekuan darah. Seberapa besar kemungkinan seseorang bisa pulih belum bisa diketahui. Banyak orang membutuhkan rehabilitasi seperti terapi bicara, terapi fisik, dan terapi kerja.

Stroke dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat (makan makanan sehat, olahraga teratur, tidak merokok, minum alkohol sesuai takaran). Menurunkan tingkat kolesterol & tekanan darah tinggi dengan obat – obatan juga bisa mengurangi risiko terkena stroke. Menjaga kadar normal gula darah juga penting untuk mencegah terjadinya stroke.

Adapun buah atau sayuran yang direkomendasi untuk penderita stroke ialah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan kalium, yang keduanya ada dalam kadar yang besar dalam buah-buahan yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Kedelai

Kedelai, dalam bentuk susu atau makanan lain, tentu sangat enak. Namun, kedelai juga bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit stroke. Kedelai dapat menurunkan kolesterol, khususnya kolesterol jahat (LDL) hingga 28 persen. Angka ini hampir menyamai angka yang dicapai dengan obat-obatan statin.

Buah Noni

Buah Noni terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah tetap stabil. Karena itu Noni juice sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, dan dengan demikian mencegah terjadinya penyakit stroke.

Buah Noni memiliki kandungan xeronin, juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral lainnya, yang bisa memperbaiki fungsi tubuh sehingga bisa digunakan untuk terapi stroke.

Buah Apel

‘Sebutir apel sehari, kamu tidak akan pernah ke dokter,’ begitu kira-kira kata pepatah barat. Ya, banyak pakar gizi menyetujui hal itu. Sebutir apel sehari dapat menurunkan resiko penyait stroke hingga 50 persen.

Buah ini kaya akan kandungan quercetin yang terbukti mampu mengatasi inflamasi. Tentu hal ini relevan mengingat pengerasan pembuluh darah seringkali terjadi akibat inflamasi.

Pisang

Inilah salah satu alasan Anda perlu memasukkan pisang dalam menu makan siang Anda: Pisang kaya akan kandungan kalium. Hasil riset menunjukkan bahwa diet rendah kalium (kurang dari 1.5 gram per hari) dapat meningkatkan resiko penyakit stroke hingga 28 persen.

Dan riset Health Professionals Follow-Up Study mendapati bahwa para partisipan penelitian yang mengonsumsi buah yang mengandung banyak kalium sebanyak sembilan porsi per hari ternyata 38 persen lebih rendah mengalami resiko peyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi empat porsi sehari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan pembuluh darah karena mengandung banyak asam folat. Menurut sebuah penelitian selama 20 tahun terhadap hampir 1.000 subyek dewasa, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi dapat mengurangi resiko penyakit stroke hingga 20 persen.

Semoga artikel Daftar Buah dan Sayuran Kaya Vitamin untuk Terapi Penyembuhan Stroke bermanfaat bagi anda dan kita semua.



Belum ada Komentar untuk "Daftar Buah dan Sayuran Kaya Vitamin untuk Terapi Penyembuhan Stroke "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel