Kamu Harus Tau 5 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Olahraga untuk kesehatan mentalTak ada yang mengelak olahraga secara rutin membawa dampak pada kesehatan fisik. Di luar hal tersebut, rutin berolahraga juga baik bagi kesehatan mental. Bahkan, para peneliti merekomendasikan pasien depresi, cemas, dan masalah mental lain untuk aktif fisik.

Tapi, bagi Anda yang tak miliki masalah mental, Anda tetap mendapatkan keuntungan dari rutin berolahraga. Berikut pendapat para ahli dan aneka penelitian tentang manfaat olahraga bagi kesehatan mental seperti dikutip laman Huffington Post, Rabu (14/10/2015).

1. Mood jadi lebih baik

Selain lebih berenergi dan miliki imun tubuh lebih baik, olahraga bisa membuat suasana hati jadi lebih baik. Para peneliti belum sepakat penyebab khusus apa penyebab hal tersebut.

2. Ingatan tajam

Berbagai penelitian tunjukkan olahraga mampu meningkatan fungsi otak dan efek positif pada ingatan seperti diungkap studi dari Harvard Medical School.

3. Jaga kecerdasan dalam jangka panjang

“Rutin melakukan aktivitas fisik membantu seseorang berpikir hingga dewasa,” menurut laporan dari CDC. Lalu penelitian lain menunjukkan olahraga mampu tingkatkan ingatan dan kesehatan otak orang lansia.

4. Berpikir kreatif

Jika Anda mengalami kesulitan berpikir ‘out of the box’ coba rutin berolahraga. Sejumlah penelitian temukan bahwa aktivitas fisik mampu meningkatkan pemikiran kretif beberapa jam usai berolahraga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *